Senin, 26 September 2011

Buku Buku

Akhir-akhir ini ajaka selimut benar benar merindukan selimutnya. Kehidupannya sekajap berubah menjadi sangat padat oleh urusan kampus dan tugas. setiap hari setiap detik dan setiap menit (biarpun tidak segitunya juga). Jaksel mulai mendalami hobi barunya dengan membaca, merelakan waktu yang biasa dihabiskan dengan berjibaku dengan selimutnya di medan kasur yang empuk kini dia harus mencoba untuk menyukai apa yang dinamakan "membaca". 


Akhir-akhir ini dia sedang banyak memikirkan daftar buku ang diberika dosen, dari 37 buku dia memikirkan mana yang menarik dan wajib dimiliki olehnya. Hal yang ia prioritaskan dalam memilih buku adalah judul dan tema buku tersebut. Sehingga pada akhirnya, bingunglah dia diantara daftar-daftar buku yang belum tentu murah tersebut. 

Beberapa kali ia mencoba untuk menelaah informasi tentang buku-buku tersebut di internet dan mencarinya di toko buku. Tapi bila sudah menemukan bukunya ia langsung bingung dan mengurungkan niat untuk membelinya. berbagai faktor mempengaruhinya untuk mengurungkan niat untuk membeli buku tersebut. Faktor-faktor tersebut diantara lain :

  • Mahal
  • Bahasa membosankan
  • Tidak bergambar
  • Buku jadul
  • Tidak berbobot (menurut dia, padahal justru dia menyukai buku yang "tidak berbobot" dalam arti sebenarnya)
  • dan banyak lagi yang lain.
Sampai pada akhirnya ia mendapatkan beberapa kenangannya yang sempat hilang tentang buku bagus yang sama sekali tidak ada di dalam daftar buku yang menurut anjuran dosen itu penting. Dari seorang teman dari jurusan yang berbeda yang datang ke kostannya di kota asal. Buku itu adalah "Catatan Seorang Demonstran" terbitan LPE3S karangan seorang mahasiswa pelopor runtuhnya kekuasaan Orde Lama, Soe Hoek Gie

Apa itu Orde Lama? Yup, buat anda sekalian yang belum tahu apa itu Orde Lama. Orde lama adalah masa pemerintahan yang dipimpin oleh Ir. Soekaro selaku Presiden Republik Indonesia sejak dikumandangkannya Proklamasi Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 sampai berakhirnya masa pemerintahannya pada 6 Juli 1969. (lebih lanjut ke link ini dan biar lebih banyak lagi cari inseklopedia sejarah Indonesia dan bacalah!)

Ini adalah Sejarah kalian para pembaca yang juga generasi muda Indonesia sebaiknya mengetahui jalan sejarah republik Indonesia seburuk apapun itu, sepahit apapun itu. Bila membahas masa lalu kita tidak akan pernah bertemu habisnya. Anda akan terus mengoreksi, dan merenungkan apa saja yang seharusnya mereka lakukan sejak dahulu agar kita mendapatkan hal yang jauh lebih baik saat ini. 

Wah.. saya jadi membicarakan sejarah ya, bingung ya kenapa. Ya anda bisa membaca lebih lanjut lagi lah soal buku ini. menarik dan menggugah rasa ingin menciptakan perubahan pada masa yang akan mendatang. Semua hal yang saya sebutkan diatas sedang diperdalam oleh si Jaksel. Entah mengapa dia menyukai jalan pikiran Soe yang selalu ingin melawan pemerintahan dan membuka semua kebohongan mereka. Soe adalah tokoh yang saat ini sangat disukainya. Pemikirannya membuat kita para pembaca menjadi berpikir kritis terhadap apapun. Ya saat ini mungkin itu diperlukan karena sudah tiga periode ini hal yang sama terulang dan terulang lagi. Pemerintahan yang dikuasai para koruptor-koruptor yang hanya mementingkan yang dipikirkan golongannya. Menghkianati rakyat dan mengingkari apa yang dia janjikan saat dilantik menjadi seorang pemimpin. Mungkin ini waktu yang tepat bagi kita untuk merubah pandangan. merubah kondisi saat ini menjadi lebih baik bukan menjadi beban generasi selanjutnya, tapi generasi yang saat ini sedang tumbuh, yakni Kita. 

Kok saya jadi sok idealis begini ya.. oke lah saya hanya ingin memberitahu kabar terakhir tentang Soe.. ups maaf Jaka Selimut maksud saya.

Sumber : Wikipedia, bila belum puas anda bisa mencari referensi lain dan mencoba untuk membeli buku atau untuk dibaca sendiri.

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda